HUBUNGAN ANTARA SELF-MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi korelasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bojonggede Tahun Ajaran 2022/2023)

LUKITA, LIA (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-MANAGEMENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi korelasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bojonggede Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (354kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self management dan motivasi belajar terhadap metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Bojonggede sebanyak 182 peserta didik, dengan sampel yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 38 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI), angket Self management menggunakan angket yang diadaptasi dari Aris Setyawan pada tahun 2013, dan angket motivasi belajar menggunakan Motived Strategies Learning Questioner (MSLQ) . Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan self management dengan metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,708 termasuk pada kategori tinggi, Hubungan motivasi belajar dengan metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,677 termasuk pada kategori tinggi. Untuk hasil penelitian hubungan self management dan motivasi belajar terhadap metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,831 termasuk pada kategori tinggi atau kuat. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan self management dan motivasi belajar terhadap metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bojonggede Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Self Management, Motivasi Belajar, Metakognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:10
Last Modified: 27 Jul 2023 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item