SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR AYAM RAS

SUNARDI, NAZLA AKMALRASYA HADDIYA (2023) SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR AYAM RAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (159kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (94kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran telur ayam ras, fungsi pemasaran, margin, biaya, dan keuntungan pemasaran, serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menganalisis saluran pemasaran, fungsi pemasaran, analisis biaya, keuntungan, margin, distribusi margin dan farmer’s share, serta analisis efisiensi pemasaran. Tempat penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Cibunigeulis Farm. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Juli 2023. Lembaga pemasaran yang berperan sebagai responden ditentukan dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu saluran satu tingkat : Peternak – Pedagang Pengecer – Konsumen, Saluran dua tingkat : Peternak – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pengecer di saluran satu tingkat yaitu fungsi pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi, pembiayaan, risiko, serta informasi pasar. Pedagang besar di saluran dua tingkat melakukan fungsi pembelian, penjualan, pengangkutan, pembiayaan, serta informasi pasar, untuk pedagang pengecer melakukan fungsi pembelian, penjualan, pengangkutan, sortasi, pembiayaan, serta informasi pasar. Biaya pemasaran saluran satu dan dua tingkat masing- masing sebesar Rp. 442,04 dan Rp. 1.723,37. Keuntungan pemasaran saluran satu dan dua tingkat masing-masing sebesar Rp. 4.557,96 dan Rp. 4.276,63. Margin pemasaran pada saluran pemasaran satu tingkat sebesar Rp. 6.000 dan saluran pemasaran dua tingkat sebesar Rp. 5.000. Distribusi margin saluran pemasaran satu tingkat untuk biaya dan keuntungan pemasaran yaitu 8,85 persen dan 91,15 persen, saluran pemasaran dua tingkat untuk biaya dan keutnungan pemasaran yaitu 28,72 Persen dan 71,27 persen. Farmer’s share pada saluran satu tingkat adalah 80,6 persen dan pada saluran pemasaran dua tingkat adalah 83,3 Persen. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran satu tingkat yakni sebesar 1,47 persen. Kata kunci : saluran pemasaran, efisiensi pemasaran, telur ayam ras

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:45
Last Modified: 18 Jul 2023 01:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item View Item