PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PELUANG USAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA BERBASIS DIGITAL PADA GENERASI Z DI TASIKMALAYA

Febriansyah, Iman (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PELUANG USAHA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA BERBASIS DIGITAL PADA GENERASI Z DI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh kembangnya beriringan dengan perkembangan digital. Tasikmalaya memiliki peluang yang sangat baik dalam hal digitalisasi, digitalisasi berperan penting bagi ekonomi masa depan. Tidak hanya untuk memperkuat usaha bahkan sangat berpotensi untuk memunculkan pengusaha-pengusaha baru. Potensi pemasaran yang luas dapat mempengaruhi tingkat usaha, adanya digitalisasi dapat memunculkan jenis usaha baru yang lebih fleksibel sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Salah satu bentuk usaha digital adalah perdagangan online, afiliasi, penyedia layanan jasa hingga start-up. Tujuan dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan dalam wirausaha digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Kelompok sasaran dalam penelitian ini adalah generasi Z muslim di wilaya Tasikmalaya yang pernah atau sedang menjalankan wirausaha berbasis digital. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, analisis regresi, uji t, dan uji F. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan persepsi kemudahan, peluang usaha dan kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha berbasis digital pada generasi z di Tasikmalaya secara parsial maupun secaral simultan. Dengan nilai koefisien determinasisecara parsial pada variabel persepsi kemudahan sebesar 0,483, nilai koefisien determinasi variabel peluang usaha sebesar 0,340, nilai koefisien determinasi variabel kepercayaan diri sebesar 0,558 dan nilai koefisien determinasi secara simultan sebesar 0,659. Kesimpulan dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa variabel persepsi kemudahan, peluang usaha, dan kepercayaan diri berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha berbasis digital pada generasi z di Tasikmalaya. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Peluang Usaha, Kepercayaan Diri, Minat Berwirausaha Digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:41
Last Modified: 13 Jul 2023 01:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item