Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce Shopee di Tasikmalaya)

Rahmawati, Deva (2023) Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce Shopee di Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Deva Rahmawati. 2023. Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce di Tasikmalaya) Di era society 5.0 banyak perusahaan yang berpindah menggunakan e�commerce salah satunya e-commerce shopee. Pada e-commerce shopee calon konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung sehingga memungkinkan terjadinya ketidaksesuaian antara produk yang ditawarkan dengan produk yang diterima. Maka dari itu, informasi mengenai produk sangat penting sebelum melakukan pembelian di e-commerce shopee, informasi produk dapat berupa customer review. Melihat customer review menjadi hal yang penting bagi konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Selain itu, faktor yang mempengaruhi minat pembelian di shopee yaitu adanya sales promotion berupa gratis ongkir atau diskon. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah customer review, sales promotion, minat beli dan keputusan pembelian memiliki keketerkaitan antara satu sama lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna shopee di Kab/Kota Tasikmalaya dengan sampel 100 orang. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu inner model dan outer model Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil uji R�Square pertama variabel customer review dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap minat beli sebesar 48%. R Square kedua variabel customer review dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 39%. Untuk setiap hipotesis yang melalui variabel intervening dinyatakan diterima karena memiliki nilai t statistik > 1.96 dan nilai p value < 0.10, akan tetapi terdapat satu hipotesis yang tidak melalui variabel intervening dinyatakan ditolak karena memiliki nilai t statistik 1.311 < 1.96 dan nilai p value > 0.10. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat beli (Z) mampu memediasi variabel customer review (X1) dan sales promotion (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) maka hipotesis diterima. Kata Kunci : Customer Review, Sales Promotion, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:00
Last Modified: 12 Jul 2023 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item