MARIFAH, SALMA (2023) ANALISIS SKEMA PESERTA DIDIK DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (51kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (322kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
SALMA MARIFAH. 2023. Analisis Skema Peserta Didik Dalam Mengkonstruksi Bukti Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis skema peserta didik dalam mengkonstruksi bukti matematis ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket gaya berpikir, tes pembuktian matematis dan wawancara dengan jumlah subjek penelitian sebanyak lima peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: Skema peserta didik dalam mengkonstruksi bukti matematis dengan gaya berpikir sekuensial konkret (S12-SK) menyelesaikan soal secara terurut, sistematis dan sesuai rencana penyelesaian masalah. Hasil skema termasuk kedalam 2 kuadran yaitu kuadran I dan III. Peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial abstrak (S07-SA) mengerjakan soal dengan cara dirinya sendiri, secara terurut namun tidak sistematis. Hasil skema termasuk kedalam kuadran III yang mengalami salah konsep. Peserta didik dengan gaya berpikir acak konkret (S02-AK) mengerjakan soal berdasarkan cara dirinya sendiri secara acak. Hasil skema termasuk kedalam 3 kuadran yaitu kuadran I, III dan II. Peserta didik dengan gaya berpikir acak konkret (S10-AK) mengerjakan soal berdasarkan cara dirinya. Hasil skema termasuk kedalam 2 kuadran yaitu kuadran III dan II. Peserta didik dengan gaya berpikir acak abstrak (S06-AA) mengerjakan secara acak tetapi sistematis. Hasil skema termasuk kedalam kuadran II yang mengerjakan tiga soal dengan benar tetapi mengalami ketidaklengkapan pada aspek pemahaman konsep karena tidak menuliskan kesimpulan. Kata kunci: Skema, Konstruksi Bukti Matematis, Gaya Berpikir, Trigonometri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9719 |
Actions (login required)
View Item |