Handi, Handi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
4.KETERANGAN REVISI.pdf Download (25kB) |
|
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
5.ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text
6.KATA PENGANTAR.pdf Download (129kB) |
|
Text
7.DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
8.BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text
9.BAB II.pdf Download (322kB) |
|
Text
10.BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
14.LAMPIARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Handi 2017. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Keterampilan Proses Sains sangatlah penting dilatihkan pada pembelajaran khususnya pembelajaran fisika, namun pelatihan KPS dalam kegiatan pembelajaran tersebut masih belum maksimal di lapangan. Keterbatasan alat menjadi salah satu kendala yang mendasari kurangnya pelatihan keterampilan proses sains saat kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa tidak biasa melakukan kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan kegiatan penelitian dan berakibat siswa tidak terlatih keterampilan proses sainsnya. Pembelajaran outdoor merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan wilayah sekitar sekolah untuk digunakan sebagai media dan bahan ajar bagi siswa untuk menunjang pembelajaran, dan diharapkan dengan menggunakan pembelajaran outdoor ini siswa dapat terlatih keterampilan proses sains melalui pembelajaran yang aktif berdasarkan pengamatan secara langsung mengenai fenomena terkait materi yang dipelajari, sehingga dengan model pembelajaran inkuiri0berbasis0outdoor0yang diterapkan selama kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan KPS siswa di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Metode0penelitian yang0digunakan0dalam penelitian ini yaitu0quasi eksperimen dengan desain0penelitian posttest only control group design. Sampel pada penelitian ialah siwa kelas XI MIPA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2, teknik pengambilan sample pennelitian menggunakan cluster random sampling dengan instrument 12 soal essay. uji hipotesis memakai uji-t di tingkat signifikan (α=0,05) menandakan bahwa sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor diperoleh skor t-hitung 6.12 dan skor t-tabel 1.67, sehingga menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga H0 ditolak. artinya Penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor berpengaruh terhadap KPS siswa pada materi zat cair statis. Kata kunci: Inkuiri, KPS, Pembelajaran Outdoor
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9713 |
Actions (login required)
View Item |