FATMALA, WAHYU (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER (2).pdf Download (86kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (232kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
|
Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (29kB) |
|
Text
9. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (267kB) |
|
Text
11. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
Text
12. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi dan wawancara semi terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah angket tipe kepribadian, soal tes menyelesaikan masalah trigonometri dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil masing-masing satu orang yang paling dominan dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert serta bisa mengerjakan tes menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan tahap proses berpikir teori APOS. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert mampu memenuhi tahap proses berpikir matematis berdasarkan teori APOS yaitu aksi, proses dan objek, sedangkan peserta didik dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi seluruh tahap proses berpikir matematis berdasarkan teori APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. Peserta didik ekstrovert nampak terburu-buru dan kurang teliti, terungkap pada tahap aksi ada informasi yang terlewat tidak dituliskan dalam diketahui dan gambar yang dibuat kurang sesuai dengan petunjuk pada soal, tahap proses ada kekeliruan dalam menuliskan hasil perhitungan dan tahap skema pada kesimpulan keliru dalam menuliskan satuan panjang sedangkan peserta didik introvert terlihat berhati-hati dalam menyelesaikan masalah dan mampu menuliskan jawaban secara lengkap. Kata kunci : Proses Berpikir, Teori APOS, Tipe Kepribadian
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9684 |
Actions (login required)
View Item |