Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Matematika

TRAENI, ISMI (2023) Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Matematika. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
06 ABSTRACT.pdf

Download (63kB)
[img] Text
04 KATA PENGANTAR.pdf

Download (42kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (11kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir Sternberg. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penalaran analogi, penyebaran angket gaya berpikir dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi soal tes penalaran analogi dan angket gaya berpikir Sternberg. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IX C dan IX K di SMPN 13 Tasikmalaya yang mengerjakan soal tes penalaran analogi berdasarkan komponen penalaran analogi pada masing-masing gaya berpikir dan mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika diantaranya (1) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal melalui tahap entry, attack dan review dengan lengkap dan benar. (2) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir global melalui tahap entry dan attack dengan lengkap dan benar, tetapi tidak dapat melalui tahap review dengan lengkap dan benar karena pada tahap review tidak dapat membuat simpulan jawaban untuk masalah target. (3) Peserta didik yang memiliki gaya berpikir eksternal tidak dapat melalui tahap entry, attack dan review dengan lengkap dan benar karena pada tahap entry kurang dapat menyusun apa yang diketahui, pada tahap attack memperoleh jawaban yang tidak tepat, dan pada tahap review kurang dapat memeriksa ketepatan perhitungan yang dilakukan dan tidak dapat membuat simpulan jawaban dengan benar. (4) Memperhatikan proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika dari ketujuh gaya berpikir, proses berpikir penalaran analogi dalam memecahkan masalah matematika yang lengkap dan benar adalah gaya berpikir legislatif, eksekutif, yudisial, lokal dan internal. Kata kunci: Proses Berpikir Penalaran Analogi, Gaya Berpikir Sternberg

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:44
Last Modified: 10 Jul 2023 02:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item