ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Mawadah, Listiyani Permatahati (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (177kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (56kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (54kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (59kB)
[img] Text
11. BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
12. BAB 2 Landasan Teoritis.pdf

Download (366kB)
[img] Text
13. BAB 3 Prosedur Penelitian.pdf

Download (935kB)
[img] Text
14. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LISTIYANI PERMATAHATI MAWADAH. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran statistis siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan level berpikir taksonomi SOLO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan penalaran statistis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran statistis. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 32 siswa, berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran statistis yang memenuhi indikator kemampuan penalaran statistis terbanyak pada setiap levelnya berdasarkan tes kemampuan penalaran statistisnya, serta mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat memberikan informasi yang lengkap berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan level berpikir prestructural hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami konsep dan aturan statistik. Siswa dengan level berpikir unistructural mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami konsep dan aturan statistis, dan mampu mengungkapkan alasan terhadap suatu data, tetapi hanya menggunakan satu data dan satu penyelesaian tanpa memberikan alternatif penyelesaian lain. Siswa dengan level berpikir multistructural mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran statistis, yakni mampu memahami konsep dan aturan statistis, dan mampu mengungkapkan alasan terhadap suatu data, tetapi telah menggunakan alternatif penyelesaian dan banyak data. Siswa dengan level berpikir relational mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran statistis, tetapi tidak konsisten dalam proses penyelesaiannya. Siswa dengan level berpikir extended abstract mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran statistis, dan pengerjaannya selalu konsisten sesuai dengan konsep dan aturan statistika. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Statistis, Taksonomi SOLO

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:36
Last Modified: 07 Jul 2023 02:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item