DHARSONO, FARHAN MAULANA (2023) EKSPLORASI TARI BADAYA WIRAHMASARI RANCAEKEK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
|
Text
LEMBAR REVISI.pdf Download (251kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK FARHAN MAULANA DHARSONO. 2023. Eksplorasi Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika dan filosofi yang terdapat pada tari Badaya Wirahmasari Rancaekek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Sumber data penelitian terdapat tiga elemen yaitu tempat (place) yang peneliti lakukan di sanggar PUSBITARI (Pusat Bina Tari Irawati Burdan), pelaku (actors) pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan maestro tari klasik sunda, pelatih tari klasik, penari serta dosen seni tari, aktivitas (activity) yang peneliti lakukan yaitu melakukan observasi awal dan juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelatih dan penari khususnya di Sanggar PUSBITARI yang beraktivitas dalam hal menari tarian klasik sunda cenderung mahir dalam bermatematika dalam hal menentukan arah hadap penari dengan konsep sudut berelasi atau dengan menggunakan patokan waktu atau jam, ketinggian aras tangan penari dengan menggunakan sudut. Kemudian, konsep matematika pada koreografi tari Badaya Wirahmasari Rancaekek berupa bentuk geometri seperti trapesium, lingkaran, segitiga, dan garis vertikal. Pengetahuan matematis yang mereka bangun murni dari pengalaman dan interaksi sosial, bukan dari sekolah secara formal. Filosofi pada Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek dalam segi koreografi, bentuk melingkar atau lingkaran memiliki filosofi sebagai simbol niat atau tekad yang kuat. Bentuk segitiga memiliki filosofi sebagai simbol kesucian. Bentuk garis lurus vertikal memiliki filosofi sebagai simbol kejujuran. Bentuk garis lurus dipakai sebagai filosofi untuk hidup jujur. Kata kunci: Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek, Etnomatematika, Konsep Matematika, Filosofi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:16 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9615 |
Actions (login required)
View Item |