PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID AGUNG TASIKMALAYA

LESTARI, RIPA (2023) PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID AGUNG TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (78kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (63kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
14. V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIPA LESTARI. 2023. PENGARUH PRODUK, PENGETAHUAN, DAN KEBUTUHAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN EASY MUDHARABAH DI BSI KC MASJID AGUNG TASIKMALAYA. PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH, FAKULTAS AGAMA ISLAM, UNIVERSITAS SILIWANGI. Dalam sistem penggunaan tabungan perbankan menjadikan nasabah memiliki banyak pilihan dan pertimbangan, dalam memutuskan jasa perbankan yang akan memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk tabungan yang dimiliki oleh Bank untuk kebutuhan nasabah sehingga keputusan nasabah terpenuhi diantaranya adanya tabungan Easy Mudharabah. Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya, salah satu bank yang mempunyai tabungan Easy Mudharabah. Adanya tabungan Easy Mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan pengguna Tabungan Easy Mudharabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, faktor pengetahuan, dan faktor kebutuhan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Tabungan Easy Mudharabah di Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Purpose Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KC Masjid Agung Tasikmalaya pengguna Tabungan Easy Mudharabah dengan sampel sebanyak 220 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor Produk (X1) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 5.629. 2). Faktor pengetahuan (X2) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 6.476. 3). Faktor kebutuhan (X3) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 7.571 4). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara produk (X1), pengetahuan (X2) dan kebutuhan (X3) terhadap keputusan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar 5.303, berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor produk (X1), Faktor pengetahuan (X2), dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (Ho1, HO2 dan HO3) ditolak dan (Ha1, Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor produk (X1), pengetahuan (X2), dan kebutuhan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima. Kata Kunci: Produk, Pengetahuan, Kebutuhan, Keputusan Nasabah, Tabungan Easy Mudharabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:48
Last Modified: 16 Jun 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item