PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SOCIAL INFLUENCE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENGGUNAAN PAYLATER (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat)

Syabanah, Ayu Lestari (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SOCIAL INFLUENCE, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENGGUNAAN PAYLATER (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (605kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Lestari Syabanah, 2023, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Social Influence, dan Religiusitas Terhadap Penggunaan Paylater (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Paylater Di Jawa Barat): Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi. Metode pembayaran paylater menjadi salah satu sistem pembayaran yang digunakan konsumen saat melakukan transaksi secara online. Paylater menawarkan pinjaman online dalam pembelian barang dengan sistem beli sekarang, bayar nanti yang kemudian menarik biaya tambahan/bunga saat mengembalikan pinjaman tersebut. Platform marketplace yang paling banyak digunakan dalam transaksi tersebut yaitu Shopee paylater. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan Shopee paylater. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas terhadap keputusan penggunaan Shopee paylater Di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel pengguna Shopee paylater Di Jawa Barat sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang dinilai melalui skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: koefisien korelasi, koefisien regresi, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan aplikasi progam SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 30,1% positif dan signifikan dengan nilai thitung 6,504 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 2) social influence berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 17,3% positif dan signifikan dengan nilai thitung 4,525 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05, 3) religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 9,9% positif dan signifikan dengan nilai thitung 3,280 pada tingkat signifikan 0,001 < 0,05, 4) kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan Shopee paylater sebesar 42,9% positif dan signifikan dengan nilai Fhitung 24,085 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, social influence, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Shopee paylater baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Shopee paylater, kualitas pelayanan, social influence, religiusitas, keputusan penggunaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 May 2023 05:50
Last Modified: 30 May 2023 05:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item