ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER

NURPUTRI, DITA RISKA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
03. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
04. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (79kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
08. BAB 1.pdf

Download (128kB)
[img] Text
09. BAB 2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (366kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK DITA RISKA NURPUTRI. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cineam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada model Miles & Huberman, terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender laki-laki, subjek dengan level visualisasi hanya dapat memenuhi indikator pertama kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level analisis dapat memenuhi indikator pertama dan indikator kedua kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi informal dapat memenuhi indikator pertama, indikator kedua, dan indikator ketiga kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis. (2) Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender perempuan, subjek dengan level visualisasi tidak dapat memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level analisis dapat memenuhi indikator pertama dan indikator kedua kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi informal dapat memenuhi indikator pertama, indikator kedua, dan indikator ketiga kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Teori Van Hiele, Gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 May 2023 08:21
Last Modified: 26 May 2023 08:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item