NURPUTRI, DITA RISKA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
03. SURAT KETERANGAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
04. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (79kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
08. BAB 1.pdf Download (128kB) |
|
Text
09. BAB 2.pdf Download (626kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (366kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK DITA RISKA NURPUTRI. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Gender. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cineam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada model Miles & Huberman, terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender laki-laki, subjek dengan level visualisasi hanya dapat memenuhi indikator pertama kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level analisis dapat memenuhi indikator pertama dan indikator kedua kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi informal dapat memenuhi indikator pertama, indikator kedua, dan indikator ketiga kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis. (2) Kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gender perempuan, subjek dengan level visualisasi tidak dapat memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level analisis dapat memenuhi indikator pertama dan indikator kedua kemampuan penalaran matematis; subjek dengan level deduksi informal dapat memenuhi indikator pertama, indikator kedua, dan indikator ketiga kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Teori Van Hiele, Gender
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 26 May 2023 08:21 |
Last Modified: | 26 May 2023 08:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9277 |
Actions (login required)
View Item |