HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya)

AZIIZAH, MUTHIIAH NUR (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf

Download (61kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN DAN DAFTAR (ISI, TABEL, LAMPIRAN).pdf

Download (871kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK MUTHIIAH NUR AZIIZAH. 2023. HUBUNGAN ANTARA SELF�REGULATED LEARNING DAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 283 orang dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 sebanyak 61 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian ini ialah menggunakan angket self regulated learning hasil adaptasi dari Motivated Strategies for Learning Questionnare (MSLQ) sebanyak 17 pernyataan, angket kecemasan ujian hasil adaptasi dari German Test Anxiety Inventory (TAI-G) sebanyak 24 pernyataan dan skor Penilaian Tengan Semester (PTS) untuk instrumen hasil belajar. Penelitian ini menggunakan analisis statistik uji korelasi Pearson product-moment dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan yang positif antara self-regulated learning dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,522 dengan tingkat korelasinya sedang. (ii) terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan dalam menghadapi ujian dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar - 0,372 dengan tingkat korelasinya rendah. (iii) terdapat hubungan yang positif antara self-regulated learning dan kecemasan dalam menghadapi ujian dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,561 dengan tingkat korelasinya sedang. Kata kunci: hasil belajar; kecemasan ujian; self-regulated learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:42
Last Modified: 28 Mar 2023 06:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item