RAHMAWATI, ANNISA ALFATHANI (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (68kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (13kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (10kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text
11. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (141kB) |
|
Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (542kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK ANNISA ALFATHANI RAHMAWATI, 2023. HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran biologi di kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2021 s.d November 2021 dengan populasi seluruh kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 68 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah 57 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket kecerdasan emosional sebanyak 28 pernyataan, angket konsep diri menggunakan Tennessee Self Concept Scale (TSCS) sebanyak 25 pernyataan dan data hasil belajar diperoleh dari skor ulangan akhir semester ganjil. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi bivariat dan multivariat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kecerdasan emosional terhadap hasil belajar memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,537 tergolong dalam kategori sedang dengan kontribusi sebesar 28,8%. Konsep diri terhadap hasil belajar diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,660 dalam kategori kuat dengan kontribusi sebesar 43,6%. Sedangkan kecerdasan emosional dan konsep diri terhadap hasil berlajar diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,663 tergolong dalam kategori kuat dengan kontribusi sebesar 43,9%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dan konsep diri dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 04:58 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 04:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8990 |
Actions (login required)
View Item |