RAHMAWATI, RIA (2023) HUBUNGAN SELF AWARENESS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar-Daftar Lampiran.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
Abstract
ABSTRAK RIA RAHMAWATI. 2023. HUBUNGAN SELF AWARENESS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self awareness dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 251 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 34 peserta didik dan XI MIPA 5 sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi skor PAT biologi. Instrumen penelitian terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu angket self awareness sebanyak 28 item pernyataan serta Course Interest Survey (CIS) sebanyak 22 item pernyataan untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi pearson dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self awareness dengan hasil belajar (R=0,325; R2=0,106) kontribusi yang diberikan terhadap hasil belajar yaitu 10,6%, kemudian terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (R=0,319; R2 0,102) kontribusi yang diberikan terhadap hasil belajar yaitu 10,2%, selain itu terdapat juga hubungan antara self awareness dan motivasi belajar dengan hasil belajar (R=0,378; R 2=0,143) sehingga kontribusi dari self awareness dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yaitu sebesar 14,3% dan termasuk kedalam kategori korelasi yang rendah. Kata Kunci: Self Awareness, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:18 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |