ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Peserta Didik Kelas X IPS MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

MULYANTI, SRI (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Peserta Didik Kelas X IPS MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (321kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK SRI MULYANTI. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN CRITICAL THINKING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada peserta didik kelas X IPS MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si dan Astri Srigustini, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan critical thinking peserta didik kelas X IPS MAN 2 Tasikmalaya sebagian masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan critical thinking peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS yang berjumlah 142 peserta didik. Pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi kemampuan critical thinking yaitu (1) Faktor efektivitas pembelajaran (9,041%), (2) Faktor motivasi belajar (10,388%), (3) Faktor sikap belajar (12,634%). (4) Faktor kecerdasan emosional (8,246%), (5) Faktor Pola asuh orang tua (28,682%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar yaitu faktor pola asuh orang tua sebesar 28,682% dan faktor yang memberikan kontribusi paling kecil yaitu faktor kecerdasan emosional sebesar 8,246%. Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor efektivitas pembelajaran, faktor motivasi belajar, faktor sikap belajar, faktor kecerdasan emosional dan faktor pola asuh orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan critical thinking peserta didik. Saran yaitu dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan faktor-faktor yang mempengaruhi lainnya yang belum digunakan pada penelitian ini. Kata kunci : Critical Thinking, Ekonomi, Faktor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:02
Last Modified: 21 Mar 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item