Laelasari, Dini (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS SURAT (PRIBADI DAN DINAS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (215kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (298kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (611kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (554kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
ABSTRAK Dini Laelasari. 2018. Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur-unsur dan Kebahasaan serta Menulis Surat (Pribadi dan Dinas) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Islam Bakhrul Ulum Tahun Ajaran 2021/2022). Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas SMP Islam Bakhrul Ulum adalah menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat (pribadi dan dinas). Sekalipun demikian, peserta diidk kelas VII-E SMP Islam Bakhrul Ulum Tasikmalaya masih banyak yang belum mencapai SKBM. Oleh karenaitu, penulis melakukan penelitian berupa pembelajaran menelaah dan menulis surat pribadi dan surat dinas dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan menelaah dan menulis unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Islam Bakhrul Ulum Tasikmalaya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribai dan surat dinas pada siklus I, peserta diidk yang memperoleh nilai di bawah Standar Ketuntasan Belajar Minimal SKBM sebanyak 17 orang (53%), sedangkan peserta didik yang mencapai nilai SKBM sebanyak 15 orang (47%). Pada siklus ke dua semua peserta didik yang berjumlah 32 (100%) telah mencapai nilai SKBM . Hasil pembelajaran memproduksi surat pribadi dan surat dinas menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah SKBM sebanyak 14 orang (44%), sedangkan peserta didik yang mencapai nilai SKBM sebanyak 18 orang (56%) dan pada siklus II semua peserta didik yang berjumlah 37 (100%) telah mencapai nilai SKBM. Hasil Uji Wilcoxon, baik pada uji beda hasil pembelajaran menelaah dan menulis unsur-unsur kebahasaan surat pribadi dan surat dinas pada siklus kesatu dan siklus ke dua maupun pada uji beda data memproduksi surat pribadi dan surat dinas pada siklus kesatu dengan data siklus kedua meunjukan bahwa Whitung (0) < Wtabel (0,01) < (126,25). Hasil ini menunjukkan pula bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pada siklus kesatu dengan data pada siklus kedua. Artinya hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemmapuan menelaah dan menulis unsur�unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas pada peserta diidk kelas VII SMP Isalam Bakhrul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8934 |
Actions (login required)
View Item |