RELAWATI, AYU SUCI (2022) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT KASTOLAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 LBR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 KTA PENGANTAR, DFTR ISI,DFTR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
6 BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10 DAPUS.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK AYU SUCI RELAWATI.2022. Analisis Literasi Matematis dan Kesalahan Peserta Didik Menurut Kastolan Ditinjau Dari Gaya Belajar (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas IX E SMP Negeri 4 Ciamis). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematis dan kesalahan peserta didik menurut Kastolan yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan intrumen angket gaya belajar, tes literasi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai intrumen utama dan intrumen bantu yakni angket gaya belajar dan soal tes literasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-E SMP Negeri 4 Ciamis, responden penelitian ini terdiri dari 3 subjek yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi waktu yaitu teknik yang sama dengan jangka waktu satu minggu. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan literasi matematis sampai level 5 yaitu dapat menerapkan strategi dalam memecahkan masalah yang kompleks. Subjek dengan gaya belajar visual dan auditorial melakukan kesalahan prosedural dimana subjek gaya belajar visual tidak mengerjakan soal hingga selesai atau bentuk sederhana dalam mengerjakan soal level 6 dan subjek gaya belajar auditorial melewatkan satu langkah pengerjaan atau tidak sesuai dengan langkah pengerjaan dalam mengerjakan soal level 6. Subjek gaya belajar kinestetik melakukan kesalahan teknik dimana subjek melakukan kesalahan dalam mengitung dalam mengerjakan soal level 6. Adanya perbedaan dalam cara menjawab yang dipengaruhi oleh gaya belajar untuk subjek gaya belajar visual cenderung menjawab pertanyaan dengan singkat, subjek dengan gaya belajar auditorial cenderung menjawab pertanyaan dengan agak panjang dan subjek dengan gaya belajar kinestetik cenderung menjawab pertanyaan dengan menggunakan kalimat aksi. Kata kunci: analisis, literasi matematis, kesalahan, gaya belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:32 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8922 |
Actions (login required)
View Item |