HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT DAN SELF PERCEPTION DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

MELANI, ANDINI (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT DAN SELF PERCEPTION DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. Pernyataan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Kata Pengantar, Ucapan Terima Kasih & Daftar - daftar.pdf

Download (440kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANDINI MELANI, 2022. HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT DAN SELF PERCEPTION DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif. Penelitian menggunakan metode korelasional. Populasi seluruh kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Sampel terdiri dari kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 berjumlah 53 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI), angket self concept dan angket self perception. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan self concept dengan keterampilan metakognitif memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,355 termasuk dalam kategori korelasi rendah dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,126 yang berarti self concept berkontribusi sebesar 12,6% terhadap keterampilan metakognitif. Hubungan self perception dengan keterampilan metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,304 yang termasuk dalam kategori korelasi rendah dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,092 yang berarti self perception berkontribusi sebesar 9,2% terhadap keterampilan metakognitif. Sedangkan hubungan self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif memiliki nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,383 yang termasuk dalam kategori korelasi rendah dan nilai koefisin determinasi (R2 ) sebesar 0,147 yang berarti self concept dan self perception berkontribusi 14,7% terhadap keterampilan metakognitif. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan korelasi rendah antara self concept dan self perception dengan keterampilan metakognitif. Kata Kunci:, Self Concept, Self Perception, Keterampilan Metakognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:10
Last Modified: 15 Mar 2023 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item