PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN JENIS PENDAFTARAN DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA

PRAJA, AJI NIJAMUDIN (2022) PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN JENIS PENDAFTARAN DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (312kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
5. Pernyataan.pdf

Download (654kB)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (116kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (55kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (51kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (45kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI KOTA TASIKMALAYA PEMINATAN ADMINSTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN 2022 ABSTRAK AJI NIJAMUDIN PRAJA PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN JENIS PENDAFTARAN DAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA Kepuasan pasien merupakan bagian terpenting dalam mengukur sebuah kinerja petugas layanan kesehatan. Waktu tunggu pelayanan rawat jalan menjadi salah satu unsur yang dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien apabila pelayanan yang diberikan cukup lama. Rata-rata waktu tunggu di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 2020 adalah 203,21 menit sedangkan poliklinik lain hanya 84,46 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kepuasaan pasien berdasarkan jenis pendaftaran (online dan offline) dan waktu tunggu pelayanan rawat jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pasien Poliklinik Penyakit Dalam. Penelitian dilakukan terhadap sampel sebanyak 131 pasien dari populasi 1.312 pasien. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan teknik analisis uji komparatif Mann-Whitney. Hasil uji statistik menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kepuasan pasien berdasarkan jenis pendaftaran pasien dengan nilai p=0,361 (>0,05). Tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kepuasan pasien berdasarkan waktu tunggu dengan nilai p=0,379 (>0,05) dan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata waktu tunggu pasien berdasarkan jenis pendaftaran pasien dengan nilai p=0,003 (<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Rumah Sakit agar mampu untuk mengoptimalkan aspek lingkungan fisik, mampu memberikan kepastian pelayanan terhadap pasien melalui pengoptimalan waktu pelayanan, serta diharapkan dokter yang bertugas di Poliklinik agar bisa lebih awal memulai praktik pemeriksaan. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Jenis Pendaftaran, Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:02
Last Modified: 09 Mar 2023 02:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8816

Actions (login required)

View Item View Item