ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI

Yollanda, Yollanda (2021) ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Yollanda 2021, “Analisis Nilai-Nilai Kehidupan dalam Kumpulan Cerita Pendek Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Pada Peserta Didik Kelas XI”. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pembelajaran Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks. Oleh karena itu, jenis-jenis teks termasuk teks cerita pendek harus menjadi perhatian dalam pembelajaran. Pemilihan bahan ajar merupakan persoalan pokok yang tidak dapat dikesampingkan dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Dalam realitas pendidikan di lapangan, kita lihat masih banyak pendidik yang cenderung menitikberatkan sumber bahan ajar pada buku teks yang telah disediakan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan dan menyusun sendiri. Dengan demikian, risikonya sangat memungkinkan jika bahan ajar yang dipakai itu tidak menarik, monotan dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pada akhirnya peserta didik akan merasa jenuh dan bosan mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, dapatkah teks cerita dalam buku kumpulan cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari dijadikan alternatif bahan ajar?. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teks cerita pendek dari aspek nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek dan kriteria bahan ajar sebagai alternatif bahan pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskripstif analitis, subjek penelitian ini adalah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek dan kriteria bahan ajar. Sumber data penelitian adalah teks cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek yang berjudul Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari, teks cerita pendek yang diambil sebanyak 5 teks dari 13 populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen analisis kesesuaian nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita pendek dan kriteria bahan ajar. Hasil validitas intrumen penelitian dijadikan sebagai dasar untuk pengembangan hasil analisis teks cerita pendek sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Senyum Karyamin memiliki nilai-nilai kehidupan yang lengkap dan hasil dari sudut pandang kriteria bahan ajar sastra memperlihatkan kesesuaian untuk kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:03
Last Modified: 08 Mar 2023 08:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item