NOVIANTIKA, MITA (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf Download (53kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (62kB) |
|
Text
5. DAFTAR -DAFTAR.pdf Download (98kB) |
|
Text
6.BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (189kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK MITA NOVIANTIKA. 2022. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M., dan Rendra Gumilar, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 7 Tasikmalaya yaitu masih banyaknya peserta didik yang kemampuan berpikir kritis rendah, bahwasannya guru masih kesulitan dalam menyampaikan materi, terutama setelah adanya pembelajaran daring, akibatnya ketitka pembelajaran tatap muka peserta didik masih tergolong pasif. Serta belum mencapai nilai KKM 75 dengan nilai rata-rata 74. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam peneelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk The Nonequivaent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan yang didalamnya Pretest-Posttest untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan waktu dan kondisi yang diberikan oleh sekolah sehingga kelas yang dipilih adalah X IPS 2 kelas eksperimen dan X IPS 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan peserta didik yang menggunkan model konvensional. Hal ini dapat ditunjukan dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83.43 sedangkan kelas kontrol sebesar 71.64 dan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.68 sedangkan kelas kontrol sebesar 0.52 kemudian berdasarkan perhitungan IBM SPSS Versi 29 nilai sig-2 tailed adalah 0,00 < 0,05. Kemudian keefektifan model problem based learning (PBL) diketahui dengan perhitungan effect size memperoleh nilai = 8.22 atau 82% dengan kategori tinggi. Kata Kunci : Model, Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan, Berpikir, Kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 05:56 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 05:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8727 |
Actions (login required)
View Item |