PENERAPAN MECHANICS DYNAMICS AESTHETICS FRAMEWORK PADA GAME SIMULASI PEMBUATAN JAJANAN TRADISIONAL

Suprayogi, Anggi (2022) PENERAPAN MECHANICS DYNAMICS AESTHETICS FRAMEWORK PADA GAME SIMULASI PEMBUATAN JAJANAN TRADISIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Jajanan tradisional merupakan bagian dari budaya masyarakat Indonesia, hampir semua daerah memiliki ciri khas jajanan masing-masing, meskipun banyak jenisnya yang sama, namun selalu ada yang membedakan, baik dari segi nama dan cara penyajiannya. Saat ini jajanan tradisional kalah bersaing dengan jajanan masa kini, karena jajanan masa kini memiliki tampilan yang lebih menarik serta terdapat peran teknologi dalam proses pembuatanya. Pemanfaatan teknologi dapat menjadi cara dalam proses pengembangan ataupun pengenalan jajanan tradisional kepada masyarakat, hal tersebut dapat dimanfaatkan melalui proses pembuatan jajanan ke dalam bentuk game. Maka dalam penelitian ini dibuat sebuah game simulasi pembuatan jajanan tradisional. Game dibuat dengan metode Mechanics Dynamics Aesthetics (MDA) Framework, yaitu mechanics sebagai aturan, lalu dynamics sebagai sistem dan aesthetics merupakan hasil dari respon pengguna pada saat memainkan game. Hasil dari penelitian ini merupakan game simulasi yang dinamai Cool Cooking, bertujuan untuk membantu dalam proses pengenalan jajanan tradisional dalam bentuk teknologi yang diimplementasikan ke dalam bentuk game, peran game sangat penting, sehingga proses pembuatan jajanan yang dibuat kedalam bentuk game memiliki hasil yang sangat memuaskan berdasaran respon dari hasil penelitian ini yang didapatkan berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan cara pengujian alpa (blackbox) dan beta (quesioner), didapatkan hasil dari seluruh fungsi yang terdapat pada game dapat diterima, juga penilaian yang diberikan oleh responden mendapatkan hasil persentase sangat baik. Kata Kunci: Jajanan Tradisional, Game, Game Simulasi, MDA Framework.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:15
Last Modified: 21 Feb 2023 02:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item