Fajriani, Leyli (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN DAN MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (211kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (153kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR GRAFIK.pdf Download (312kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (313kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (336kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (483kB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Leyli fajriani. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan Dan Menyajikan Teks Deskripsi dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam konteks kurikulum 2013 untuk jenjang Pendidikan Menengah Pertama (SMP) Kelas VII disusun sebagai pembelajaran yang berbasis teks. Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik adalah teks deskripsi. Namun kenyataannya di kelas VII salah satunya kelas VII E masih banyak peserta didik yang belum mampu menulis teks deskripsi dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dan menyajikan Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Dari data yang diperoleh di ketahaui bahwa pada siklus pertama, pada aspek pengetahuan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 9 orang (30%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 21 orang (70%). Pada siklus kesatu pada aspek keterampilan peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu sebanyak 20 orang (70%) peserta didik yang sudah mencapai KKM yaitu sebanyak 10 orang (30%). Pada siklus kedua, bahwa pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik sudah mencapai KKM yaitu 30 orang atau (100%). KKM yang harus di peroleh adalah 75. Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini bisa diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampauan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun ajaran2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:33 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8676 |
Actions (login required)
View Item |