PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI ACEH VERSUS PORTUGIS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 4 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022/2023

ISDIANSYAH, ILHAM (2022) PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI ACEH VERSUS PORTUGIS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 4 KOTA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (122kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Ilham Isdiansyah. 182171040. Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Materi Aceh Versus Portugis di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Materi Aceh Versus Portugis di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023” Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa guru melakukan berbagai persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan yang sudah dipersiapkan. Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Sejarah yang dilaksanakan sesuai sintaks model Discovery Learning yang memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan kegiatan untuk mencari informasi, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, melakukan verifikasi dan melakukan penarikan kesimpulan yang menjadikan penggunaan video audio visual ini sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menambah imajinasi dan mejadikan proses pembelajaran yang interaktif. Kata kunci: YouTube, Pembelajaran Sejarah, Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:54
Last Modified: 16 Feb 2023 01:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item