NURHASANAH, AAN SITI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA (Pada Siswa Kelas XI IPS di MA Subulul Huda Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
LEMBAR PENGUJIAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (464kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (235kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
ABSTRAK AAN SITI NURHASANAH. 2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA (Pada Siswa Kelas XI IPS di MA Subulul Huda Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan). Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Materi tersebut harus dikusai oleh siswa kelas XI IPS karena terdapat dalam kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013. Adanya kesulitan guru dalam menentukan variasi model pembelajaran yang tepat seringkali membuat guru memilih model konvensional untuk diterapkan. Model ini membuat siswa cenderung merasa jenuh dan tidak fokus saat KBM berlangsung. Sehingga hasil belajar mereka tidak optimal, maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kefokusan siswa dalam belajar, salah satunya adalah model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together di kelas XI IPS MA Subulul Huda Darma dan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest- Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, pretest-post test, kuesioner, studi literatur dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan analisis statistik sederhana. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 43 orang, sampel yang digunakan adalah seluruh populasi (teknik sampel jenuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together terdiri dari 8 langkah: persiapan, pengelompokkan daan penomoran, pertanyaan di awal pembelajaran, pembagian LKPD, diskusi, pemanggilan nomor kepala, menjawab pertanyaan dan menanggapi, serta menarik kesimpulan. Ketika penerapannya, siswa rata-rata beraktivitas sebesar 85% (kategori beraktivitas baik). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model NHT adalah 67% dan sebanyak 75% siswa berhasil mencapai KKM. Nilai afektif siswa rata-rata mendapatkan skor 23 dengan kategori baik dan nilai keterampilan siswa mendapatkan skor 17,3. Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam aspek kognitif. Kata Kunci: Cooperatif Learning, Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 04:32 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 04:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8570 |
Actions (login required)
View Item |