ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA

ANGELIKA, NEINDEA (2023) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
05. KATA PENGATAR, UCAPAN TERIMAKSIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
07. BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
08. BAB III.pdf

Download (971kB)
[img] Text
09. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK Neindea Angelika 2022. ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 31 sampel. Analisis data yang digunakan melalui model Miles dan Huberman terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran biologi berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata indikator sebesar 2, 99 dan kecerdasan intrapersonal peserta didik pada pembelajaran biologi berada pada kategori sedang dengan skor rata – rata indikator sebesar 2, 60. Implikasi penelitian bahwa kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal yang dimiliki siswa penting untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi agar prestasi belajar dapat mengalami kemajuan yang signifikan. Dengan demikian, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal yang dimiliki peserta didik dapat disadari secara merata oleh setiap individu dan optimal dalam pengembangan kecerdasan interpersonal maupun kecerdasan intrapersonal dalam kelas pembelajaran biologi. Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, dan Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:22
Last Modified: 13 Feb 2023 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8520

Actions (login required)

View Item View Item