ELTARI, TRIANA ARI (2022) EVALUASI PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) PADA RUAS JALAN BAREGBEG-CIILAT KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (271kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (307kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (371kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (324kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (437kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (273kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (438kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (251kB) |
|
Text
10. Bab I Pendahuluan.pdf Download (421kB) |
|
Text
11. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
12. Bab III Metode Penelitian.pdf Download (711kB) |
|
Text
13. Bab IV Analisis Dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. Bab V Kesimpulan Dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
Abstract
EVALUASI PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) PADA RUAS JALAN BAREGBEG-CIILAT KABUPATEN CIAMIS Triana Ari Eltari1), Ir. H. Herianto, M.T.2), Ir. Hendra, S.T., M.Sc.2) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia E-mail : triana.ari345@gmail.com ABSTRAK Ruas Jalan Baregbeg-Ciilat merupakan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Baregbeg, sekaligus jalan alternatif antara Kecamatan Rancah ke pusat Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi permukaan perkerasan jalan secara fungsional berdasarkan dua metode, yaitu metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Surface Distress Index (SDI). Penelian kondisi jalan ini digunakan sebagai dasar untuk mengetahui kemungkinan faktor penyebab kerusakan dan jenis penanganan pemeliharaan jalan. Survei dilakukan sepanjang 5 km terdiri dari 50 unit sampel atau segmen, dengan panjang tiap segmen sebesar 100 m dan lebar 4 m. Berdasarkan dari hasil penilaian kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) yaitu sebesar 60 % permukaan perkerasan memiliki kondisi sempurna, 34 % permukaan perkerasan memiliki kondisi sangat baik, dan sebesar 6 % permukaan perkerasan memiliki kondisi baik. Dengan perhitungan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), didapat nilai rata-rata PCI sebesar 88 menunjukkan kondisi permukaan jalan dalam kondisi sempurna. Pada penilaian kondisi permukaan jalan dengan metode SDI (Surface Distress Index) memiliki nilai kerusakan permukaan jalan 100 % dalam keadaan baik dan tidak terdapat kondisi permukaan sedang, rusak ringan, maupun rusak berat. Dari hasil perhitungan menggunakan metode SDI didapatkan nilai rata-rata SDI sebesar 6,7 dengan kondisi baik. Kata kunci: Penilaian Kondisi Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 07:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 07:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8499 |
Actions (login required)
View Item |