SONDARI, RENA (2021) SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DARI DESA CILUMPING KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP SAMPAI KECAMATAN RAJADESA KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (331kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (258kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (330kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf Download (478kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (603kB) |
|
Text
BAB IV KEADAAN UMUM DAERAH PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora)DARI DESA CILUMPING KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP SAMPAI KECAMATAN RAJADESA KABUPATEN CIAMIS Oleh : RENA SONDARI 175009058 Pembimbing : Eri Cahrial Hj. Rina Nuryati Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran kopi robusta. Metode penelitian menggunakan survei. Daerah penelitian ditentukan secara purposive di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap dilakukan pada bulan Januari hingga Oktober 2021. Responden ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 2 saluran pemasaran kopi robusta, yaitu saluran pemasaran I : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar Rajadesa – Konsumen Antara, Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar Rancah – Pedagang Besar Rajadesa – Konsumen Antara. Fungsi pemasaran yang tidak dilakukan oleh pedagang pengumpul di saluran I dan saluran II yaitu fungsi pengolahan dan sortasi. Sedangkan untuk pedagang besar pada saluran I dan II tidak melakukan fungsi pengolahan kecuali untuk pedagang besar Rancah tidak melakukan fungsi sortasi. Biaya pemasaran saluran I dan saluran II masing-masing sebesar Rp 1.104/kg dan Rp 1.179,5/kg. Keuntungan pemasaran saluran I dan saluran II masing-masing sebesar Rp 1.896/kg dan Rp 1.820,5/kg. Margin pemasaran pada saluran I dan II sebesar Rp 3.000/kg. Distribusi margin saluran pemasaran I untuk biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran yaitu 36,8 persen dan 63,2 persen, saluran pemasaran II untuk biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran yaitu 39,3 persen dan 60,7 persen. Farmer’s share pada saluran I dan II adalah 85,7 persen. Saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II adalah saluran pemasaran yang efisien. Kata kunci : saluran pemasaran, efisiensi pemasaran dan kopi robusta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:51 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8448 |
Actions (login required)
View Item |