UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTION OF USING PODCAST IN LISTENING ACTIVITIES: A CASE STUDY OF NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS

NOVIANI, ELISA (2022) UNIVERSITY STUDENTS’ PERCEPTION OF USING PODCAST IN LISTENING ACTIVITIES: A CASE STUDY OF NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (182kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (336kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK ELISA NOVIANI. 2022. University Students’ Perception of Using Podcast in Listening Activities: A Case Study of Non-English Department Students. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Podcast adalah media digital yang dapat diakses menggunakan internet dan dimainkan maupun diunduh oleh pendengarnya melalui laptop atau komputer, telepon genggam, maupun pemutar audio yang lain. Akses yang mudah, banyaknya topik yang tersedia dalam berbagai bahasa menjadi salah satu dari sekian banyak kelebihan dari Podcast yang menjadikannya sebagai media yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Banyak penelitian tentang manfaat Podcast dalam meningkatkan keterampilan pembelajar bahasa telah dilakukan, tetapi hanya sedikit penelitian tentang persepsi siswa terhadap podcast itu sendiri, khususnya persepsi mahasiswa yang tidak dari jurusan bahasa Inggris. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana persepsi dari mahasiswa bukan dari jurusan Bahasa Inggris yang menggunakan Podcast sebagai media dalam aktivitas mendengarkan Bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan penelitian, studi kasus deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Terdapat tiga partisipan yang merupakan mahasiswa dari jurusan Ilmu Komputer satu orang, dan dua orang dari jurusan Akuntansi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Untuk menganalisis data berupa transkrip dari wawancara, penelitian ini menggunakan tematik analisis. Hasil penelitian menunjukan persepsi positif mahasiswa terhadap penggunaan Podcast antara lain 1) alasan siswa memilih Podcast sebagai media dalam kegiatan mendengarkan; topik berdasarkan minat dan Podcast mudah dan praktis digunakan 2) motivasi siswa, dan 3) Podcast dapat digunakan untuk pembelajaran formal di kelas. Penelitian ini memberikan informasi kepada pembaca tentang penggunaan Podcast dalam kegiatan mendengarkan bahasa Inggris. Oleh karena itu, para pembaca dapat menggunakan Podcast dalam praktik belajar mengajar mereka, dan juga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Kata kunci: Aktivitas Mendengarkan, Persepsi Mahasiswa, Podcast

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:07
Last Modified: 08 Feb 2023 08:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item