PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Soniah, Pani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
_..cover kata pengantar,ucapan terimakasih, daftar isi...pdf

Download (186kB)
[img] Text
Pani Soniah_Lembar Pengesahan.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Pani Soniah_Lembar Keaslian Penelitian.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Abstrak (3).pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Pani Soniah. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang cukup rendah dalam materi gerak lurus pada pembelajaran fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X MIPA 1 SMA Negri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Oktober s.d 27 Oktober 2022 di SMA Negri 3 Tasikmalaya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen atau percobaan (Quasi Experimental), desain penelitian menggunakan Posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 288 siswa dari 8 kelas, pengambilan sampel menggunakan cluster random, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model kooperatif tipe jisaw dan kelas X MIPA 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest kelas eksperimen 21,83 dan kelas kontrol 18,9. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:16
Last Modified: 08 Feb 2023 03:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item