Pengaruh Model Pmebelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menyajikan Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Wardaniyah, Luwita Mela (2022) Pengaruh Model Pmebelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menyajikan Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR DIAGRAM, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (455kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

ABSTRAK Luwita. 2022. Pengaruh Model Pmebelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menyajikan Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII semester II adalah KD 4.14. Penelitian ini di latarbelakangi oleh ditemukanya berbagai permasalahan yang terjadi dalam proses belajar. Hal itu di sebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan sebuah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran menyajikan teks persuasi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen sungguhan yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu kelas VIII F pada KD 4.14 nilai rata-rata pada pre-test mencapai angka 48,40 dan nilai rata-rata post-test 83,28. Sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembeljaran Discovery Learning yaitu kelas VIII G pada KD 4.14 nilai ratarata pre-test mencapai angka 44,37 dan nilai rata-rata post-test 82,34. Setelah data dinilai kedua kelompok dihitung secara statistik menggunakan uji normalitas. Hasil menunjukkan kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang dianalisis dilanjutkan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 0,01 (32) 128. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:48
Last Modified: 07 Feb 2023 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

View Item View Item