PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kompetensi Dasar Proses Masuk dan Berkembagnya Agama Islam ke Indonesia di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

PRAYITNO, MU'RODY (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kompetensi Dasar Proses Masuk dan Berkembagnya Agama Islam ke Indonesia di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (445kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (365kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (989kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (738kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK Mu'rody Prayitno. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDK (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KOMPETENSI DASAR PROSES MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA ISLAM KE INDONESIA DI KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 3 SMAN Negeri 6 Tasikmalaya dengan jumlah rata-rata sebesar 72,22. Nilai rata-rata tersebut masih berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 78,00 sehingga perlu adanya pembaruan dibidang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen yang tidak menggunakan penempatan individu secara acak melainkan menggunakan subyek kelompok secara utuh. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, menunjukan adanya peningkatan yang cukup memuaskan terhadap hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir yang diperoleh pada kelas X IPS 3 (Eksperimen) dengan nilai rata-rata sebesar 85,57 sedangkan kelas X IPS 5 ( Kontrol ) memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,18, dengan demikian nilai yang diperoleh kelas X IPS 3 telah melampaui kriteria ketuntasan minimum sebesar 76. Sedangkan kelas X IPS 5 masih belum mampu melampaui kriteria ketuntasan minimum. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney T test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa "Hipotesis Diterima". Dengan alasan tersebut peneliti mampu menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Baseds Learning mampu dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:35
Last Modified: 07 Feb 2023 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item