PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII MTS Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalya Tahun Ajaran 2021/2022)

Rahmawati, Rahmi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII MTS Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GRAFIK, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf

Download (969kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Teks Cerita Fantasi dengan Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi). Mengacu pada silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII MTs/SMP. Yaitu mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali teks cerita fantasi. Akan tetapi dalam kenyataannya di kelas VII MTs Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalaya belum semua peserta didik mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII MTs Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara serta tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi serta seterusnya hingga mencapai kualitas nilai peserta didik yang diharapkan Berdasarkan pengolahan nilai siklus ke satu aspek pengetahuan yakni mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi sebanyak 13 orang (45%) berhasil mencapai KKM dan sebanyak 16 orang (55%) belum mencapai KKM. Kemudian pada aspek keterampilan yakni menceritakan kembali teks cerita fantasi siklus kesatu sebanyak 14 orang (49%) belum berhasil mencapai KKM dan sebanyak 15 orang (51 %) berhasil mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu sebanyak 28 orang (100%) peserta didik mencapai nilai KKM 73 yang telah ditentukan sekolah. Sesuai dengan data yang telah diperoleh bisa disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII MTS Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:46
Last Modified: 07 Feb 2023 01:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item