RAHMAWATI, GINA (2022) KORELASI ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
lembar pengesahan yang ditandatangani.pdf Download (197kB) |
|
Text
Lembar pernyataan.pdf Download (208kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK GINA RAHMAWATI. 2022. KORELASI ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pembelajaran secara daring menimbulkan beberapa kelemahan khususnya dalam proses belajar salah satunya adalah motivasi peserta didik yang menurun. orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar siswa karena proses pembelajaran secara daring akan lebih terpantau oleh orang tua yang secara tempat dilakukan di Rumah. Maka dari itu, peran orang tua ini akan menjadi acuan proses belajar peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara keterlibatan orang tua dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil belajar biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Talaga. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Talaga dengan jumlah 252 peserta didik terdiri atas 7 kelas. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 peserta didik terdiri dari 36 peserta didik kelas XI MIPA 5 dan 36 peserta didik XI MIPA 7. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes yaitu berupa soal UAS untuk hasil belajar, angket untuk keterlibatan orang tua serta angket untuk motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji regresi korelasi bivariat dan multivariat untuk uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat antara keterlibatan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi (R= 0,411). Adapun kontribusi yang diberikan keterlibatan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi sebesar 16,9%, sedangkan 83,1% sisanya diberikan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: korelasi; keterlibatan orang tua; motivasi belajar; hasil belajar biologi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 08:51 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 08:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8306 |
Actions (login required)
View Item |