STUDENTS' DISENGAGEMENT IN AN INDONESIAN BLENDED ENGLISH CLASSROOM: FACTORS AND SOLUTIONS

PUSPITASARI, DIANA (2022) STUDENTS' DISENGAGEMENT IN AN INDONESIAN BLENDED ENGLISH CLASSROOM: FACTORS AND SOLUTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (493kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (283kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGMENTS.pdf

Download (390kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (290kB)
[img] Text
9. LIST OF TABLES.pdf

Download (285kB)
[img] Text
10. LIST OF ENCLOSURE.pdf

Download (163kB)
[img] Text
11. CHAPTER 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
12. CHAPTER 2.pdf

Download (551kB)
[img] Text
13. CHAPTER 3.pdf

Download (369kB)
[img] Text
14. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
15. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
16. REFERENCES.pdf

Download (408kB)
[img] Text
17. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DIANA PUSPITASARI, 2022. “STUDENTS’ DISENGAGEMENT IN AN INDONESIAN BLENDED CLASSROOM: FACTORS AND SOLUSIONS”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Keterlibatan siswa adalah kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, faktanya pada pembelajaran campuran banyak siswa yang enggan terlibat dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor ketidakterlibatan siswa selama kegiatan kelas Bahasa Inggris campuran dan solusi untuk mengurangi pelepasan siswa dalam kegiatan kelas Bahasa Inggris campuran. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini melakukan wawancara kepada empat partisipan di salah satu sekolah menengah pertama Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data analisis dengan menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Temuan dari penelitian ini mengidentifikasi bahwa ada enam faktor pelepasan siswa selama kegiatan kelas Bahasa Inggris campuran: (1) keterbatasan pengetahuan Bahasa Inggris, (2) bahan ajar yang rumit, (3) penggunaan Bahasa Inggris yang tidak tepat, (4) pemenuhan tugas individu, (5) situasi kelas yang tidak nyaman, dan (6) media pembelajaran yang tidak memadai. Selain itu, temuan penelitian ini juga menemukan bahwa ada enam solusi untuk mengurangi pelepasan siswa dalam kegiatan kelas Bahasa Inggris campuran: (1) menunjukkan kepribadian guru yang murah hati, (2) melakukan penjelasan praktis bahan ajar, (3) memanfaatkan video animasi sebagai media pembelajaran, (4) melakukan penyelesaian tugas kolaboratif, (5) mengatur kondisi kelas yang kondusif, dan (6) menyediakan media pembelajaran yang mendukung. Kata kunci: Siswa bahasa Inggris Indonesia, Pembelajaran campuran, Ketidakterlibatan siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:50
Last Modified: 03 Feb 2023 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item