ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL PADA MEDIA MASSA DARING MEDIA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL DI SMA KELAS XII

AQOBAH, FAUZAN LABIB (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL PADA MEDIA MASSA DARING MEDIA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL DI SMA KELAS XII. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (45kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (512kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (162kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK FAUZAN LABIB AQOBAH. 2022. Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial pada Media Massa Daring Media Indonesia sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Editorial di SMA Kelas XII. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mata pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 revisi merupakan mata pelajaran berbasis teks. Teks, khususnya teks editorial, yang harus diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya teks yang memenuhi kriteria bahan ajar. Kenyataan di sekolah-sekolah menunjukkan bahwa bahan ajar teks editorial khususnya dalam buku paket bahasa Indonesia masih terlalu sedikit. Guru harus mencari contoh teks editorial lain untuk menunjang pembelajaran. Namun, tidak selamanya teks editorial cocok diterapkan untuk peserta didik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis berupaya menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial pada media massa daring Media Indonesia yang terbit pada April 2022 untuk melihat apakah teks tersebut cocok jika dijadikan sebagai bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII atau tidak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang penulis gunakan yakni wawancara, dokumentasi, dan analisis wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks editorial yang telah dianalisis cocok dijadikan sebagai bahan ajar alternatif bagi peserta didik SMA kelas XII, dilihat dari struktur, kaidah kebahasaan, serta tingkat keterbacaan yang digunakan. Hal ini juga ditunjang dengan hasil validasi dari ketiga validator yang menyatakan bahwa bahan ajar alternatif yang telah penulis susun sesuai baik dari segi isi, penyajian materi, serta bahasa dan tingkat keterbacaannya. Selain itu, penelitian ini juga ditunjang dengan hasil uji coba bahan ajar alternatif di dalam kelas yang hasilnya menunjukkan seluruh nilai peserta didik telah di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:07
Last Modified: 03 Feb 2023 02:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item