PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BEBAS TERMODIFIKASI (MODEFIED FREE INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS MAN 5 Tasikmalaya)

Hardiani, Sri (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BEBAS TERMODIFIKASI (MODEFIED FREE INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS MAN 5 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SRI HARDIANI. 2022. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BEBAS TERMODIFIKASI (MODEFIED FREE INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS MAN 5 TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M. dan Astri Srigustini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di MAN 5 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS di MAN 5 Tasikmalaya berjumlah 88 orang, dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen, serta XI IPS 2 berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ekonomi materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤ 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan demikian, dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dapat memengaruhi dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Inkuiri Bebas Termodifikasi, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:33
Last Modified: 09 Jan 2023 00:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item View Item