PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMPOA KUADRAN PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

ZAHRA, TENI FITRIANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMPOA KUADRAN PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (571kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK TENI FITRIANI ZAHRA. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Sempoa Kuadran pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sempoa kuadran pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development dengan model Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Instrumen penelitiannya pedoman wawancara dan kuesioner. Data penelitian bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi, 3 siswa kelas VII-E untuk kepentingan uji coba one-to-one, 5 siswa kelas VII-D dan 5 siswa kelas VII-E untuk uji coba kelompok kecil, serta 22 siswa kelas VII-E untuk uji coba kelompok besar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran manipulatif berbasis konsep aritmatika bernama sempoa kuadran. Proses pengembangan pada tahap analysis disimpulkan bahwa materi yang sulit adalah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, serta pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan sempoa kuadran dan petunjuk penggunaannya. Tahap development menghasilkan sempoa kuadran yang sudah dinilai oleh ahli dan melalui uji coba one-to-one. Pada tahap implementation dilakukan uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar. Tahap evaluation dilakukan untuk menilai produk berdasarkan kelayakan yang diukur dari kualitas media pembelajaran oleh ahli media, kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi, serta kepraktisan media pembelajaran oleh siswa. Pada penilaian kualitas media pembelajaran memperoleh skor 97% dengan kategori sangat layak. Penilaian kualitas isi dan tujuan memperoleh skor 91% dengan kategori sangat layak. Penilaian kepraktisan memperoleh skor 77% dengan kategori layak, sehingga media pembelajaran sempoa kuadran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, sempoa kuadran, operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:33
Last Modified: 09 Jan 2023 00:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item