Setiawati, Mila (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (59kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (358kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (827kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (203kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Mila Setiawati. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving” (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M dan Iis Aisyah, S.Pd., M.Pd. Masalah pokok terkait penelitian terdapat pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tasikmalaya dengan metode kuasi eksperimen. Populasi terdiri dari kelas XI IPS sejumlah 160 peserta didik yang terbagi atas 4 kelas. Adapun sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 6 butir soal yang berbentuk uraian. Teknik Analisis data menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran, problem solving, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:17 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8035 |
Actions (login required)
View Item |