PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ETHNO-FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK

MEYLLINDA, MEYLLINDA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ETHNO-FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (62kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (553kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MEYLLINDA. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Ethno-Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Ethno-Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wanareja, Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design, yang melibatkan 62 siswa sebagai sampel yang terbagi menjadi 31 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah diberi perlakuan dilakukan dengan menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Ethno-Flipped Classroom lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning. Hasil tingkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori cukup kreatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran materi matematika dengan menggunakan model pembelajaran Ethno-Flipped Classroom berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata kunci: Model pembelajaran Ethno-Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Etnomatematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:50
Last Modified: 30 Dec 2022 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item