HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plumbon Tahun Ajaran 2021/2022)

NOVIYANTI, LENI (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plumbon Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (123kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR , DAFTAR ISI, LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (979kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (688kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada sub materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI sebanyak enam kelas yang terdiri dari 213 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 5 sebanyak 35 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur kecerdasan emosional sebanyak 26 pernyataan, angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik sebanyak 36 pernyataan dan hasil belajar peserta didik didapat melalui soal tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang diberikan oleh guru. Setiap item memiliki alternatif jawaban yang menunjukkan derajat kesesuaian atau ketidaksesuaian dengan diri subjek. Alternatif jawaban terdiri dari lima pilihan, yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), netral (N), tidak sesuai (TS), dan sangat tidak sesuai (STS). Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat analisis. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi dengan koefisien korelasi sebesar 0,704 dan ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi dengan koefisien korelasi sebesar 0,823 serta ada hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan koefisen korelasi sebesar 0,854. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik pada sub materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Kata kunci: Kecerdasan emosional; motivasi belajar; hasil belajar; struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:51
Last Modified: 30 Dec 2022 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item