PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK (Survei pada Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

MARDIANA, ALISKA (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK (Survei pada Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (910kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Aliska Mardiana. (2021). Skripsi. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. H. Yoni Hermawan, M.Pd. dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang dilihat dari rata-rata Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil pada peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya lebih banyak berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 203 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 135 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05; Terdapat Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05; Terdapat Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Kata Kunci: Kemandirian, Sumber, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:15
Last Modified: 27 Dec 2022 02:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item View Item