HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 4 Kabupaten Tasikmalaya)

RAHAYU, ALFIRA (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Korelasi Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 4 Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ALFIRA RAHAYU. 2022. HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 4 KABUPATEN TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 4 Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2021 sampai bulan Juni 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari kelas XI IPS 1 dan 2 yaitu sebanyak 59 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 59 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non test berupa angket minat belajar sebanyak 22 pernyataan dan motivasi belajar sebanyak 20 pernyataan yang sudah tervalidasi, dengan pengukuran menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil menunjukkan bahwa (1) ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 0,814 dan koefisien determinasi ssebesar 0,662, sehingga kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 66,2% (2) ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi 0,899 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,808, berarti kontibusi motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 80,8% (3) ada hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi 0,928 dan koefisien determinasi 0,861. Sehingga kontribusi dari minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 86,1%. Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:06
Last Modified: 20 Dec 2022 04:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item