PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Puspaningrum, Dea Rossa (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN, PERNYATAAN, K PENGANTAR.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV DESKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Dea Rossa Puspaningrum. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur intrinsik dan menceritakan kembali isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Berdasarkan kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat jenis teks yang harus dikuasi oleh peserta didik SMP/MTs atau sederajat kelas VII salah satunya yaitu “Mengidentifikasi Unsur Intrinsik dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi yang Dibaca”. Meskipun demikian masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 yang belum mampu mengidentifikasi unusr-unsur dan menceritakan kembali isi teks ceria fantasi yang dibaca. Untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaraan Team Assisted Individuallization (TAI) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa perolehan nilai siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 14 peserta didik (50%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM 14 peserta didik (50%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 28 orang (100%). Pada siklus I dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 14 peserta didik (50%) dan peserta didik yang di atas KKM sebanyak 14 peserta didik (50%). Pada siklus II semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Artinya, model pembelajaran TAI dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:16
Last Modified: 15 Dec 2022 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7751

Actions (login required)

View Item View Item