KORELASI ANTARA SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di MA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021)

NURUL AINI, LUSY (2021) KORELASI ANTARA SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di MA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK LUSY NURUL AINI 2021. KORELASI SELF ESTEEM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJAAN BIOLOGI (Studi Korelasional di MA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi di kelas XI MIPA MA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIPA MA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 159 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai sampel karena kelas tersebut memiliki hasil belajar yang paling unggul. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket self esteem sebanyak 18 pernyataan dan angket motivasi belajar sebanyak 31 pernyataan dan hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai rapor mata pelajaran biologi pada semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, dan uji regresi korelasi untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada hubungan kuat antara self esteem terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,574, juga terdapat hubungan kuat antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,647, begitu pula ada hubungan kuat secara bersama sama antara self esteem dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,675. Sehingga dapat disimpulkan bahwa self esteem dan motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 45,6% sedangkan sisanya 54,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Self Esteem, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:36
Last Modified: 14 Dec 2022 03:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7670

Actions (login required)

View Item View Item