Sarifah, Silki Lailatus (2022) ANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK PADA KUMPULAN CERITA PENDEK CINTA TAK ADA MATI KARYA EKA KURNIAWAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS Xl (Studi Analisis Kesesuaian Teks Cerita Pendek pada Kumpulan Cerita Pendek Cinta Tak Ada Mati dengan Kriteria Bahan Ajar). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (799kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (48kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (261kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (227kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Silki Lailatus Sarifah, 2022. Analisis Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek Pada Kumpulan Cerita Pendek Cinta Tak Ada Mati Karya Eka Kurniawan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Pada Peserta Didik Kelas Xl Teks cerita pendek merupakan salah satu teks yang harus dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kompetensi dasar 3.9 dan 4.9. Bahan ajar yang digunakan pendidik seharusnya tidak hanya buku teks yang terdapat di setiap satuan pendidikan, pendidik bisa menggunakan alternatif bahan ajar yang lainnya supaya memudahkan pendidik selama proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar teks cerita pendek yang dapat digunakan yaitu kumpulan teks cerita pendek Cinta Tak Ada Mati karya Eka Kurniawan. Untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks cerita pendek tersebut digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek pada kelas XI, perlu dilakukan penelitian. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian terhadap kumpulan teks cerita pendek Cinta Tak Ada Mati karya Eka Kurniawan. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan studi pustaka. Data penelitian yang penulis gunakan yaitu tiga cerita pendek yang diambil berdasarkan penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga teks cerita pendek memiliki kelengkapan unsur pembangun cerita pendek dan berdasarkan hasil uji validasi modul oleh empat ahli diperoleh skor 100% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek pada kelas XI SMA/SMK/MA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 08:02 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 08:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7614 |
Actions (login required)
View Item |