ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (Penelitian Terhadap Peserta Didik kelas VIII MTs Negeri 4 Sumedang)

ANWAR, ACEP MUHAMAD (2022) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (Penelitian Terhadap Peserta Didik kelas VIII MTs Negeri 4 Sumedang). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (722kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ACEP MUHAMAD ANWAR. 2022. Analisis Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas belajar matematika peserta didik yang terjadi pada segmen Ki, Sho, Ten dan Ketsu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII MTs Negeri 4 Sumedang. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam proses dokumentasi penelitian ini video dan audio recorder. Instrumen observasi pada penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Transcript Based Lesson Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam segmen Ki ada dua indikator indikator yang muncul yaitu use mutiple representation to communicate mathematical ideas sebanyak 65% dan actively engage in doing mathematics sebanyak 35%. Pada segmen Sho indikator share mathematical ideas muncul sebanyak 45%, indikator solve challenging problems muncul 31%, indikator actively engage in doing mathematics muncul sebanyak 16%, indikator use mutiple representation to communicate ideas muncul sebanyak 7% dan indikator use manipulates and other tools muncul sebanyak 1%. Pada segmen Ten indikator use mutiple representation to communicate ideas muncul sebanyak 46%, indikator actively engage in doing mathematics muncul sebanyak 26%, indikator share mathematical ideas muncul sebanyak 10%, indikator solve challenging problems muncul 9%, dan indikator terakhir yang muncul adalah use manipulates and other tools muncul sebanyak 9%. Indikator yang muncul dalam segmen Ketsu hanya satu yaitu use multiple representation to communicate ideas. Terdapat satu indikator yang tidak muncul yaitu make interdisiplinery connection. Kata kunci: Aktivitas Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika, Transcript Based Lesson Analisys

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:05
Last Modified: 08 Dec 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item